Mekanikal Material

Profil kelompok riset Mekanika Material

Kelompok riset Mekanika Material berdiri tahun 2012 yang terdiri dari beberapa peneliti bidang material. Penelitian mencakup bidang; polimer dan komposit baik serat sintetis dan serat alam, teknologi pengelasan, adhesive bonding. Sejak berdiri kelompok ini telah memperoleh dana lebih dari 300 juta rupiah.

Anggota kelompok riset mekanika material

Sugiman, Ph.D Dr. Ing. Salman Paryanto Dwi Setyawan, MT. Agus Dwi Catur, MT. Sujita, MT. Nasmi Herlina Sari, MT. Ir. Emmy Dyah Sulistyowati, MT. Sinarep, MT. Achmad Zaenuri, M.Eng. Pandri Pandiatmi, MT.

Fokus Bidang Penelitian Polimer dan Komposit

Divisi ini aktif dalam penelitian komposit serat glass dan komposit serat alam. Usaha untuk meningkatkan ketangguhan matrik komposit serat glass menjadi fokus penelitian. Serat-serat alam yang melimpah mendapatkan perhatian khusus untuk mengembangkan material komposit yang ramah lingkungan untuk pembuatan papan panel di industri transportasi dan juga infrastruktur.  Beberapa publikasi ilmiah ke jurnal terakreditasi dan seminar internasional telah dihasilkan. SEM Komposit sandwich1Komposit sandwich2         Komposit sandwich dari serat bamboo akibat beban bending

Divisi ini aktif dalam penelitian tentang sambungan dengan menggunakan perekat. Sambungan metal-metal, metal-komposit dan komposit-komposit menjadi fokus penelitian yang intensif yang meliputi perlakuan permukaan substrate, durabilitas sambungan dan metode prediktif kekuatan sambungan dengan metode elemen hingga. Beberapa jurnal internasional dan seminar nasional dan internasional telah dihasilkan.

Predksi model

Prediksi dengan metode elemen hingga kekuatan sambungan perekat (adhesive bonding)

Comments are closed.