Syarat dan Ketentuan PKL

Syarat dan Ketentuan PKL

2.1. Syarat Akademik

PKL Untuk mengambil PKL, mahasiswa harus memenuhi persyaratan akademik yang meliputi

  1. Jumlah sks yang telah ditempuh dan lulus adalah 120 sks, dengan melampirkan transkrip nilai yang dikeluarkan oleh Jurusan.
  2. Sudah lulus mata kuliah Perencanaan Elemen Mesin.
  3. Lulus semua pratikum yang dibuktikan dengan surat puas atau nilai praktikum.

2.2. Prosedur pelaksanaan PKL

Proses pengajuan bisa diajukan lebih awal meskipun belum diprogramkan di KRS tetapi telah memenuhi syarat PKL. Pembekalan dari jurusan atau dari dosen pembimbing untuk menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan tempat PKL dan penugasan di tempat PKL.

2.3 Waktu pelaksanaan

  • PKL dilaksanakan di perusahaan selama minimal 1 (satu) bulan dan maksimal 2 (dua) bulan.
  • Pelaksanaannya mengikuti alokasi waktu tempat PKL, namun demikian PKL seharusnya dilaksanakan pada saat antar semester.
  • Kalau PKL dilaksanakan pada saat kuliah berlangsung jurusan tidak memberikan dispensasi absensi kuliah untuk mahasiswa bersangkutan. Sehingga mahasiswa harus mengatur sendiri waktu pelaksanaan PKL.

2.4 Langkah-langkah pelaksanaan PKL

  1. Mahasiswa telah memenuhi persyaratan PKL.
  2. Mahasiswa mencari informasi tempat PKL, sesuai dengan kriteria yang diijinkan untuk PKL (lihat Bab III).
  3. Mahasiswa menghubungi jurusan untuk mendapatkan surat pengantar dari jurusan dan fakultas untuk perijinan PKL dengan melampirkan transkrip nilai. Surat pengantar dikirimkan ke tempat PKL oleh mahasiswa.
  4. Setelah ada kepastian tempat PKL (tempat dan waktu pelaksanaan), jurusan menugaskan seorang pembimbing akademik PKL.
  5. Sebelum berangkat PKL, mahasiswa melakukan konsultasi dengan pembimbing akademik PKL yang ditunjuk untuk penugasan PKL.
  6. Selama PKL mahasiswa wajib membuat absensi penuh selama PKL dan ditanda tangani oleh pembimbing lapangan di tempat PKL (lihat Lampiran 2).
  7. Setelah PKL selesai mahasiswa wajib membuat laporan PKL. Pengumpulan laporan PKL paling lama 1 bulan setelah PKL selesai.
  8. Selama penyusunan laporan PKL, mahasiswa wajib konsultasi dengan dosen pembimbing akademik PKL dan wajib mengisi berita acara konsultasi (lihat Lampiran 3).
  9. Laporan PKL disusun mengikuti kaidah ilmiah dan format penulisan seperti Bab IV. Laporan PKL dibuat 3 eksemplar dan juga menyerahkan softcopy dalam bentuk PDF.
  10. Dosen pembimbing akademik PKL memberikan nilai laporan sesuai dengan ketentuan yang berlaku (lihat Bab IV).

 

Comments are closed.