Workshop Pelatihan Linux dan Jaringan

Sebagian besar pengguna komputer di Indonesia menggunakan sistem operasi Windows. Ini dikarenakan Windows adalah sistem operasi yang kompleks namun mudah dipahami, serta kebiasaan masyarakat yang sudah menggunakan windows sejak dulu sehingga tidak asing lagi dengan tampilan bawaan dari Windows. Namun terlepas dari hal itu, Windows memiliki beberapa kelemahan seperti sistem keamanan yang lemah sehingga rentan terhadap virus dan Windows adalah sistem operasi berlisensi komersial yang mahal sehingga kebanyakan pengguna menggunakan versi bajakan.

Pertimbangan pemilihan penggunaan perangkat lunak opensource yang pertama adalah nilai ekonomis yang murah. Kedua, kebebasan dalam menggandakan, menyebarkan, menggunakan bahkan merubah konten perangkat lunak tersebut agar sesuai kebutuhan. Ketiga, opensource bersifat legal. Keempat, opensource lebih tahanĀ  terhadap virus, dan kelima adalah kebebasan memilih karena banyak pilihan perangkat lunak yang bisa dipergunakan.

Workshop Linux dan JaringanOleh karena itu, Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram mengadakan “Workshop Pelatihan Linux dan Jaringan” yang bertujuan untuk memahami dasar-dasar membangun infrastruktur jaringan komputer. Linux merupakan salah satu operating free opensource yang tangguh dan menjadi tulang punggung perkembangan aplikasi dan layanan di internet dan digunakan oleh banyak penyedia layanan internet dengan skala yang besar.

Workshop Pelatihan Linux dan Jaringan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 16 Januari – 18 Januari 2014. Kegiatan workshop ini diikuti oleh mahasiswa Teknik Informatika Universitas Mataram semua angkatan. Tujuan kegiatan ini adalah agar peserta dapat memahami dasar-dasar membangun infrastruktur jaringan komputer, memperkenalkan peserta tentang Sistem Operasi Linux, memperkenalkan peserta dalam dunia programming and Networking.

Comments are closed.